Easter Break in Batu, Malang

Hello! :)
Kali ini aku mau cerita pengalamanku jalan-jalan ke Kota Surabaya dan Batu, Malang dengan uang yang alakadarnya. Jadi ceritanya setiap Paskah kampusku libur 1 minggu, nah di 1 minggu ini biasanya mahasiswanya pada pulang kampung buat paskahan sama keluarga, biasanya aku juga pulang sih tapi kali ini aku males pulang, dan memilih untuk jalan-jalan aja sama temenku namanya Okta. Lumayan lah biaya jalan-jalan sampe beli oleh-olehnya lebih murah daripada beli tiket pulang bolak-balik :')

Aku berangkat dari Jogja pada tanggal 2 April 2015 naik kereta Argo Wilis (eksekutif) harganya Sekitar 160an sampai 250an ribu. Kenapa pilih eksekutif? Karena cepat dan nyaman, jarang banget berhenti-berhenti di stasiun, dan sampai dengan selamat di Surabaya hanya dalam 4 jam. Tapi kalau kamu mau naik kereta ekonomi ya ndak apa, murah juga dibawah 100ribu tapi ya agak lama sekitar 6 jam, hehe. Nanti turunnya sama-sama di Stasiun Surabaya Gubeng kok. Naiknya yang beda, kalo kereta eksekutif naik dari Stasiun Tugu, kalo kereta ekonomi naiknya dari Stasiun Lempuyangan.

Sampai di Surabaya pukul 20.19, aku dijemput temenku dan kita langsung makan malam di Kukus Resto. Tempat makannya mahasiswa gitu hehe. Harga makanan di Kukus Resto cukup ramah di kantong kok. Pertama kita pilih dulu mau daging apa, kalo nasi kukus daging ayam fillet 13ribu, nasi kukus daging sapi 16ribu, cumi berapa ribu, ayam kampung berapa ribu gitu lupa. Aku sama temenku pilihnya daging ayam fillet. Setelah itu pilih sausnya. Aku pilih saus telur asin, temenku pilih saus rendang. Rasanyaaaaa enak dan dengan harganya yang bersahabat jadi makin enak dah hahahha.
Kiri: Nasi Kukus Rendang, Kanan: Nasi Kukus Telur Asin

Keesokan harinya, aku berangkat ke Malang naik Kereta Api Bima (eksekutif juga biar nyaman) harga tiketnya kalau ke Malang 30ribu. Sampai di Stasiun Malang Kotabaru sekitar jam 9 pagi, langsung cari angkot menuju Batu. Nah naik angkotnya ini perlu diperhatikan, karena untuk menuju Kota Wisata Batu, kita perlu ganti angkot (seperti transit). Jadi dari Stasiun Malang kita naik angkot jurusan Arjosari-Landungsari menuju Terminal Landungsari. Ongkosnya 4ribu. Sampai di Terminal Landungsari kita pindah angkot lagi, naik yang jurusan Batu-Junrejo-Landungsari untuk turun di Terminal Batu. Ongkosnya 4.500. Tapi kalau kamu gak mau repot jalan kaki dari Terminal Batu, kamu bisa minta tolong sama mas-mas angkotnya buat dianterin langsung ke tujuan kamu setelah dia nurunin penumpang di Terminal Batu. Jadi setelah penumpang turun di Terminal Batu, aku sama temenku bilang sama mas angkotnya supaya dianterin langsung ke Jatim Park 1. Itu nambah biaya 5.500 jadi totalnya 10.000.

Sampai di Jatim Park 1 aku langsung beli tiket terusan supaya bisa masuk di semua wisata yang ada di Jatim Park. Namanya Tiket Sakti, harganya 275.000. Itu udah include Jatim Park 1, Museum Tubuh, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, Eco Green Park, dan Jatim Park 2 (Museum Satwa dan Batu Secret Zoo). Tiket Sakti ini benar-benar jauh lebih murah dibandingkan kalau kamu beli tiket satu-satu. Karena pada hari biasa rata-rata harga tiketnya 60ribu dan weekend 80ribu tiap masing-masing tempat (lihat harga tiket disini).

Jatim Park 1
Di Jatim Park 1 kamu bisa lihat-lihat kebudayaan Indonesia, sejarah Indonesia, ada Science Center (seperti Taman Pintar), diorama-diorama peristiwa sejarah, ada playground juga seperti Dufan, ada waterpark juga, ada film 3d, dan jangan khawatir, spot foto-fotonya banyaak banget jadi kamu bisa tetap kekinian, hahaha.
Ada karapan sapi di Jatim Park 1 :3

Museum Tubuh
Katanya sih, museum tubuh ini pertama dan terbesar di dunia. Tapi seru banget masuk kesini, berasa masuk ke dalam mulut, masuk kedalam kuping, nginjek lidah, jalan di pembuluh darah, main-main di dalam rongga dada, masuk ke dalam mata, periksa gratis, dan... lihat kadaver :O sayang ga ada fotonya soalnya di dalam tubuh kita kan gelap ya, ga bisa fotoan deh.

Museum Angkut+
Ini juga seru banget! Kita bisa lihat-lihat mobil-mobil antik, motor-motor antik, truk antik, pokoknya semua alat transportasi yang antik yang mahal yang kece yang jadul. Super keren. Suasananya juga enak banget, kalau kesini rasanya pengen upload instagram tiap hari :')
ini di Museum Angkut
Eco Green Park
Eco Green Park ini... apa ya, aku juga bingung soalnya isinya campur-campur. Ada macem-macem sih disini, tumbuh-tumbuhan gitu ada, burung-burung ada, kambing ada, sapi ada, tapi kebanyakan tumbuhan, rindang gitu. Ada museum insect-insect gitu juga, tempat foto-fotonya juga banyak huahaha
Aku tak terpakai tapi bisa jadi indah - Eco Green Park
Museum Satwa
Ini nih kayak yang di film-film. Museumnya super cool! Tapi sayangnya kurang menikmati disini soalnya cepet-cepetan gitu kesininya, gara-gara ngejar kereta balik ke Surabaya.
Ada banyak beginian nih disini

Batu Secret Zoo
Kayak zoo-zoo lainnya, ini juga full dengan binatang-binatang dong. Binatangnya ada lumayan banyak, ada wahananya juga buat anak-anak. Ada aquarium yang gede juga. Batu Secret Zoo jadi penutup liburan aku di Batu Malang. Saatnya kembali ke Surabaya. Hap-hap!